BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Potensi sumber daya
manusia merupakan aset nasional sekaligus sebagai modal dasar pembangunan
bangsa.Potensi ini hanya dapat digali dan dikembangkan serta dipupuk secara
efektif melalui strategi pendidikan dan pembelajaran yang terarah dan terpadu,
yang dikelola secara serasi dan seimbang dengan memperhatikan pengembangan
peserta didik secara utuh dan optimal. Karena itu, strategi manajemen
pendidikan perlu secara khusus memperhatikan pengembangan potensi peserta didik
yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang luar biasa (unggul), yaitu dengan
cara penyelengaraan program pembelajaran yang mampu mengembangkan
keunggulan-keunggulan tersebut, baik keunggulan dalam hal potensi intelektual
maupun bakat khusus yang bersifat keterampilan.
Berbicara
tentang pendidikan, seringkali pikiran orang hanya terpusat pada dimensi
akademis yang menjadi tolak ukur dalam kemajuan intelektualitas (IQ) anak
didik. Padahal terdapat multi aspek yang terkait didalamnya, mulai dari perkembangan
psikologi anak hingga pembentukan karakter,pribadi yang berkualitas. Dalam
Undang-undang SISDIKNAS tahun 2003 ditegaskan bahwa pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan masyarakat, bangsa dan Negara.
Anak didik dan proses pembelajaran
merupakan dua dimensi berbeda yang perlu disinkronisasikan secara holistic dan
terpadu. Penyelarasan antara aspek pembelajaran dengan perkembangan anak didik
akan membangkitkan motivasi dan gairah belajarnya. Menurut ahli pendidikan
Gardner, bahwa setiap anak memiliki aneka ragam kecerdasan, yaitu ; bahasa,
logika, musical, visual atau spasial, kinestetik, intrapersonal dan interpersonal.
Proses pembelajaran bukanlah sekedar masalah cara belajar, melainkan menyangkut
cara terbaik bagi seseorang untuk menerima dan memahami informasi. Pada
umumnya, anak didik belajar dengan membaca, siswa yang lain dapat memahami
dengan baik dengan cara mendengar atau mengamati, ada juga yang senang
berdiskusi dengan orang lain, tapi ada yang lebih cepat mengerti dengan cara
melihat gambar atau skema. Bertolak dari realitas tersebut, penulis tertarik
untuk memahami faktor dalam pembelajaran dan kesulitan dalam belajar dengan
judul makalah ini yaitu Memahami Faktor Pembelajaran (Intellegence dan Multiplle Intellegence).
Silahkan Klik Download alamat dibawah ini :
http://www.ziddu.com/download/20090839/MakalahMemahamifaktorpembelajaran.docx.html
Silahkan Klik Download alamat dibawah ini :
http://www.ziddu.com/download/20090839/MakalahMemahamifaktorpembelajaran.docx.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar