Jumat, 10 Agustus 2012

Memahami Faktor Pembelajaran


BAB I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Potensi sumber daya manusia merupakan aset nasional sekaligus sebagai modal dasar pembangunan bangsa.Potensi ini hanya dapat digali dan dikembangkan serta dipupuk secara efektif melalui strategi pendidikan dan pembelajaran yang terarah dan terpadu, yang dikelola secara serasi dan seimbang dengan memperhatikan pengembangan peserta didik secara utuh dan optimal. Karena itu, strategi manajemen pendidikan perlu secara khusus memperhatikan pengembangan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang luar biasa (unggul), yaitu dengan cara penyelengaraan program pembelajaran yang mampu mengembangkan keunggulan-keunggulan tersebut, baik keunggulan dalam hal potensi intelektual maupun bakat khusus yang bersifat keterampilan.
            Berbicara tentang pendidikan, seringkali pikiran orang hanya terpusat pada dimensi akademis yang menjadi tolak ukur dalam kemajuan intelektualitas (IQ) anak didik. Padahal terdapat multi aspek yang terkait didalamnya, mulai dari perkembangan psikologi anak hingga pembentukan karakter,pribadi yang berkualitas. Dalam Undang-undang SISDIKNAS tahun 2003 ditegaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan masyarakat, bangsa dan Negara.
            Anak didik dan proses pembelajaran merupakan dua dimensi berbeda yang perlu disinkronisasikan secara holistic dan terpadu. Penyelarasan antara aspek pembelajaran dengan perkembangan anak didik akan membangkitkan motivasi dan gairah belajarnya. Menurut ahli pendidikan Gardner, bahwa setiap anak memiliki aneka ragam kecerdasan, yaitu ; bahasa, logika, musical, visual atau spasial, kinestetik, intrapersonal dan interpersonal. Proses pembelajaran bukanlah sekedar masalah cara belajar, melainkan menyangkut cara terbaik bagi seseorang untuk menerima dan memahami informasi. Pada umumnya, anak didik belajar dengan membaca, siswa yang lain dapat memahami dengan baik dengan cara mendengar atau mengamati, ada juga yang senang berdiskusi dengan orang lain, tapi ada yang lebih cepat mengerti dengan cara melihat gambar atau skema. Bertolak dari realitas tersebut, penulis tertarik untuk memahami faktor dalam pembelajaran dan kesulitan dalam belajar dengan judul makalah ini yaitu Memahami Faktor Pembelajaran (Intellegence dan Multiplle Intellegence). 
Silahkan Klik Download alamat dibawah ini :

http://www.ziddu.com/download/20090839/MakalahMemahamifaktorpembelajaran.docx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar