BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Berbicara tentang pendidikan maka tidak akan lepas
membicarakan tentang proses pembelajaran. Pendidikan dan proses pembelajaran
dapat diumpamakan dengan dua sisi mata uang yang tak dapat dipisah-pisahkan.
Sebab apabila pendidikan dipisahkan dengan proses pembelajaran maka akan
terjadilah suatu kejangalan dalam pendidikan tersebut. Hal ini dikarenakan
proses pembelajaran adalah inti dari kegiatan pendidikan. Sebagai inti dari
kegiatan pendidikan, proses pembelajaran adalah upaya untuk mencapai tujuan
pendidikan. Tujuan pendidikan tidak akan tercapai bila proses pembelajaran
tidak pernah berlangsung dalam pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran adalah
suatu proses yang sadar tujuan, maksudnya tidak lain bahwa kegiatan pembelajaran
itu suatu peristiwa yang terikat, terarah dan dilaksanakan untuk mencapai
tujuan. Tujuan adalah suatu usaha untuk memberikan rumusan hasil yang
diharapkan dari siswa atau subjek belajar, setelah menyelesaikan atau
memperoleh pengalaman belajar (sardiman, 1988;57). Oleh karena itu guru yang
merupakan salah satu unsur dibidang pendidikan harus berperan serta aktif dan
menempatkan kedudukannya sebagai tenaga yang profesional dalam pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran akan dijumpai
variable-variabel yang ada dalam proses pembelajaran tersebut. Variabel adalah
suatu atribut yang dianggap mencerminkan atau mengungkapkan bangun. Menurut
Reigeluth dan Merril (dalam Sudana Dengeng, 1989 ;12). Bahwa klasifikasi
variable-variabel pembelajaran ini dimodifikasi menjadi 3, yaitu: Kondisi
pembelajaran, metode pembelajaran dan juga hasil belajar.Variabel-variabel yang
dikelompokkan kedalam kondisi pembelajaran adalah(1) tujuan dan karakteristik bidang
studi; (2) kendala dan karakteristik bidang studi; (3) karakteristik siswa.
Variabel metode pembelajaran terdiri (1) strategi pengorganisasian pengajaran
strategi makro dan strategi mikro; (2) strategi penyampaian pengajaran; (3) strategi pengelolaan pengajaran.Variabel hasil
pembelajaran terdiri dari (1) keefektifan pengajaran; (2) efisiensi pengajaran;
(3) daya tarik pengajaran.
Silahkan Klik Download dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar