Jumat, 10 Agustus 2012

Taksonomi Variabel Pembelajaran


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar belakang
Berbicara tentang pendidikan maka tidak akan lepas membicarakan tentang proses pembelajaran. Pendidikan dan proses pembelajaran dapat diumpamakan dengan dua sisi mata uang yang tak dapat dipisah-pisahkan. Sebab apabila pendidikan dipisahkan dengan proses pembelajaran maka akan terjadilah suatu kejangalan dalam pendidikan tersebut. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran adalah inti dari kegiatan pendidikan. Sebagai inti dari kegiatan pendidikan, proses pembelajaran adalah upaya untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan tidak akan tercapai bila proses pembelajaran tidak pernah berlangsung dalam pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran adalah suatu proses yang sadar tujuan, maksudnya tidak lain bahwa kegiatan pembelajaran itu suatu peristiwa yang terikat, terarah dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Tujuan adalah suatu usaha untuk memberikan rumusan hasil yang diharapkan dari siswa atau subjek belajar, setelah menyelesaikan atau memperoleh pengalaman belajar (sardiman, 1988;57). Oleh karena itu guru yang merupakan salah satu unsur dibidang pendidikan harus berperan serta aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga yang profesional dalam pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran akan dijumpai variable-variabel yang ada dalam proses pembelajaran tersebut. Variabel adalah suatu atribut yang dianggap mencerminkan atau mengungkapkan bangun. Menurut Reigeluth dan Merril (dalam Sudana Dengeng, 1989 ;12). Bahwa klasifikasi variable-variabel pembelajaran ini dimodifikasi menjadi 3, yaitu: Kondisi pembelajaran, metode pembelajaran dan juga hasil belajar.Variabel-variabel yang dikelompokkan kedalam kondisi pembelajaran adalah(1) tujuan dan karakteristik bidang studi; (2) kendala dan karakteristik bidang studi; (3) karakteristik siswa. Variabel metode pembelajaran terdiri (1) strategi pengorganisasian pengajaran strategi makro dan strategi mikro; (2) strategi penyampaian pengajaran; (3)  strategi pengelolaan pengajaran.Variabel hasil pembelajaran terdiri dari (1) keefektifan pengajaran; (2) efisiensi pengajaran; (3) daya tarik pengajaran. 

Silahkan Klik Download dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar