Jumat, 10 Agustus 2012

Karakteristik pembelajaran berbasis Teknologi


BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Di era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi menjadikan peran teknologi dalam pembelajaran sangat penting sekali. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistemis, kritis, serta kemampuan bekerjasama.
Tujuan pendidikan nasional, teratur dan terprogram, terarah dan beresinabungan. Selain itu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional ada beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya harus memiliki pendidikan yang profesiaonal, tujuan pendidikan yang jelas, stratergi dan metode yang digunakan harus sesuai dengan keadaan, sarana dan prasarana yang digunakan administrasi yang baik, semua faktor diatas sangat menunjang dalam proses pencapaian tujuan pendidikan.
Pembelajaran berbasis teknologi mendasari perkembangan pembelajaran modren, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya fikir manusia. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi dan komunkasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan pembelajaran. oleh karena itu, untuk menguasai dan menciptakan pembelajaran masa depan diperlukan penguasaan teknologi pembelajaran yang kuat sejak dini.
Pada hakekatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar dikelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri dimana guru dan siswa bertukar fikiran untuk mengembangkan ide – ide dan pengertian. Dalam komunikasi sering timbul terjadinya penyimpangan – penyimpangan sehingga komunikasi tersebut tidak efekti dan efisien. Salah satu untuk menghadapi situasi demikian adalah penggunaan media instruksional yang relevan dengan tujuan pendidikan tersebut.
Media instruksional dalam pendidikan ini sangat banyak macam, ragamdan kegunaannya dalam penyampaian atau proses transfer pengetahuan dan juga media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari, karena guru menghendakinya untuk melewati proses trasnfer pengetahuannya kepada peserta didik sebagai penyambung penyampaian pesan – pesan dari bahan pelajaran yang diberikan oleh guru kepada anak didik. Guru sadar bahwa dengan bantuan media instruksional proses transfer pengetahuan kepada peserta didik akan lebih cepat terlaksana dan penyampaian materi lebih mudah dicerna dan difahami oleh peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar