BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Di era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dan
informasi menjadikan peran teknologi dalam pembelajaran sangat penting sekali.
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran perlu diberikan kepada semua peserta
didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan
berfikir logis, analitis, sistemis, kritis, serta kemampuan bekerjasama.
Tujuan pendidikan nasional, teratur dan terprogram, terarah dan
beresinabungan. Selain itu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional ada
beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya harus memiliki pendidikan
yang profesiaonal, tujuan pendidikan yang jelas, stratergi dan metode yang
digunakan harus sesuai dengan keadaan, sarana dan prasarana yang digunakan
administrasi yang baik, semua faktor diatas sangat menunjang dalam proses
pencapaian tujuan pendidikan.
Pembelajaran berbasis teknologi mendasari perkembangan pembelajaran modren,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya fikir
manusia. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi dan komunkasi dewasa
ini dilandasi oleh perkembangan pembelajaran. oleh karena itu, untuk menguasai
dan menciptakan pembelajaran masa depan diperlukan penguasaan teknologi
pembelajaran yang kuat sejak dini.
Pada hakekatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Kegiatan
belajar mengajar dikelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri dimana
guru dan siswa bertukar fikiran untuk mengembangkan ide – ide dan pengertian.
Dalam komunikasi sering timbul terjadinya penyimpangan – penyimpangan sehingga
komunikasi tersebut tidak efekti dan efisien. Salah satu untuk menghadapi
situasi demikian adalah penggunaan media instruksional yang relevan dengan
tujuan pendidikan tersebut.
Media
instruksional dalam pendidikan ini sangat banyak macam, ragamdan kegunaannya
dalam penyampaian atau proses transfer pengetahuan dan juga media sebagai alat
bantu dalam proses pembelajaran. Media sebagai alat bantu dalam proses
pembelajaran suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari, karena guru
menghendakinya untuk melewati proses trasnfer pengetahuannya kepada peserta
didik sebagai penyambung penyampaian pesan – pesan dari bahan pelajaran yang
diberikan oleh guru kepada anak didik. Guru sadar bahwa dengan bantuan media
instruksional proses transfer pengetahuan kepada peserta didik akan lebih cepat
terlaksana dan penyampaian materi lebih mudah dicerna dan difahami oleh peserta
didik.
Silahkan Klik Download Dibawah ini : http://www.ziddu.com/download/20091109/BerbasisTeknologiDanPenelitianMediaInstruksional..docx.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar