BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Teknologi pendidikan merupakan proses yang kompleks dan
terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis
masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola
pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. Teknologi
pendidikan dapat dipandang dari berbagai sisi. Cara pandang tersebut melandasi
langkah gerak teknologi pendidikan dalam dunia pendidikan. teknologi pendidikan
dapat dipandang sebagai suatu disiplin ilmu, bidang garapan, dan profesi.
Masing-masing sudut pandang memiliki syarat-syarat tersendiri dan teknologi
pendidikan sudah memenuhi seluruh persyaratan ditinjau dari ketiga visi tadi.
Peningkatan teknologi pendidikan sebagai ilmu dan profesi
ditentukan oleh kawasan dan bidang garapan . Bidang garapan mengembangkan,
menerapkan, membuktikan dan memperbaiki teori berdasarkan masukan dari
lapangan. Teknologi pendidikan dalam arti sempit bisa merupakan media
pendidikan yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan agar
berhasil guna, efisien dan efektif. Sedangkan teknologi dalam arti luas menurut
Association for Educational Communication and Technology (AECT) adalah proses
yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan
organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan
evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar
manusia.
Dari pengertian teknologi pendidikan tersebut dapat dipahami bahwa ruang lingkupnya sangat luas, mencakup semua faktor yang terkait dan terlibat dalam proses pendidikan.
Dari pengertian teknologi pendidikan tersebut dapat dipahami bahwa ruang lingkupnya sangat luas, mencakup semua faktor yang terkait dan terlibat dalam proses pendidikan.
Dalam definisi teknologi pendidikan menurut Association for
Educational Communication and Technology (AECT) tahun 1994 menyatakan teknologi
pendidikan adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaataan,
pengelolaan serta penilaian proses dan sumber untuk belajar. (dalam Seels,
Barbara B, 1994 : 10) Dari kelima hal ini merupakan kawasan dari bidang
teknologi pendidikan
1.2
Rumusan
Masalah
Yang
menjadi permasalahan pokok yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.
Konstruk Teoritik Teknologi Pendidikan
2.
Bidang Garapan Teknologi Pendidikan
3.
Profesi Teknologi Pendidikan
1.3
Tujuan
Adapun tujuan dari
makalah ini adalah
1. Agar mahasiswa dapat
memahami pengertian teknologi pendidikan,bidang
garapan teknologi pendidika, dan profesi
teknologi pendidikan.
2. Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya tentang kawasan
2. Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya tentang kawasan
dan bidang garapan
teknologi pendidikan
1.4
Manfaat
Manfaat
dari penulisan makalah ini adalah sebagai bahan diskusi bersama bagi mahasiswa
teknologi pendidikan dan sebagai bahan referensi bagi semua pihak yang peduli
terhadap dunia pendidikan.
Silahkan Klik Download dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar