Jumat, 10 Agustus 2012

Teknologi Pendidikan Konstruk Teoritik, Bidang Garapan dan Profesi


BAB I
PENDAHULUAN


1.1      Latar Belakang
Teknologi pendidikan merupakan proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. Teknologi pendidikan dapat dipandang dari berbagai sisi. Cara pandang tersebut melandasi langkah gerak teknologi pendidikan dalam dunia pendidikan. teknologi pendidikan dapat dipandang sebagai suatu disiplin ilmu, bidang garapan, dan profesi. Masing-masing sudut pandang memiliki syarat-syarat tersendiri dan teknologi pendidikan sudah memenuhi seluruh persyaratan ditinjau dari ketiga visi tadi.
Peningkatan teknologi pendidikan sebagai ilmu dan profesi ditentukan oleh kawasan dan bidang garapan . Bidang garapan mengembangkan, menerapkan, membuktikan dan memperbaiki teori berdasarkan masukan dari lapangan. Teknologi pendidikan dalam arti sempit bisa merupakan media pendidikan yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan agar berhasil guna, efisien dan efektif. Sedangkan teknologi dalam arti luas menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT) adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Dari pengertian teknologi pendidikan tersebut dapat dipahami bahwa ruang lingkupnya sangat luas, mencakup semua faktor yang terkait dan terlibat dalam proses pendidikan.
Dalam definisi teknologi pendidikan menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT) tahun 1994 menyatakan teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaataan, pengelolaan serta penilaian proses dan sumber untuk belajar. (dalam Seels, Barbara B, 1994 : 10) Dari kelima hal ini merupakan kawasan dari bidang teknologi pendidikan
1.2      Rumusan Masalah
Yang menjadi permasalahan pokok yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1. Konstruk Teoritik Teknologi Pendidikan
2. Bidang Garapan Teknologi Pendidikan
3. Profesi Teknologi Pendidikan

1.3      Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah
1. Agar mahasiswa dapat memahami pengertian teknologi pendidikan,bidang
    garapan teknologi pendidika, dan profesi teknologi pendidikan.
2. Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya tentang kawasan
dan bidang garapan teknologi pendidikan

1.4      Manfaat
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai bahan diskusi bersama bagi mahasiswa teknologi pendidikan dan sebagai bahan referensi bagi semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Silahkan Klik Download dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar